Misi Kedua Matrikulasi Batch 8 IIP - 5 Hal yang Dilarang dalam Berkomunitas



Kritik tanpa Solusi

Kritik etimologis berasal dari bahasa Yunani "Clitikos", yang berarti ciri pembeda, sedangkan kata itu sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno "Krites", yaitu orang yang membuat pendapat atau analisis yang tepat, penilaian nilai, pengamatan atau interpretasi. Definisi kritik sendiri merupakan sebuah proses untuk menganalisis dan mengevaluasi suatu hal yang bertujuan meningkatkan pemahaman. Tidak ada yang salah dengan kritikan, namun tentu saja kritik harus bersifat membangun dan menghadirkan solusi.

Ghibah dan Fitnah

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya;

"‘Tahukah kalian, apakah itu ghibah? Para sahabat menjawab, ‘Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui.’ Rasulullah SAW bersabda, ‘engkau membicarakan sesuatu yang terdapat dalam diri saudaramu mengenai sesuatu yang tidak dia sukai. Salah seorang sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah SAW, bagaimana pendapatmu jika yang aku bicarakan benar-benar ada pada diri saudaraku? Rasulullah SAW menjawab, jika yang kau bicarakan ada pada diri saudaramu, maka engkau sungguh telah mengghibahinya. Sedangkan jika yang engkau bicarakan tidak terdapat pada diri saudaramu, maka engkau sungguh telah mendustakannya." (H.R. Muslim)

SARAT (Suku, Agama, Ras dan Anggota Tubuh)

Saya mengenal SARA namun untuk T (anggota Tubuh), saya baru tahu. Mungkin yang lebih familiar adalah body shaming seperti mengomentari bentuk tubuh seseorang, apakah ia terlihat lebih gemuk atau lebih kurus. Hal ini tidak bermanfaat untuk dibicarakan.

Khilafiyah

Khilafiyah merupakan hal yang lumrah terjadi sejak zaman Rasulullah. Jangan terlalu gampang menyalahkan saudara sesama Muslim, karena perbedaan adalah rahmat. Selama perbedaan tersebut tidak menimbulkan mudharat dan berlandaskan ijtihad syar'i yang benar maka kita harus saling menghormati.

Kepentingan Pribadi

Semua komunitas memiliki aturan. Aturan tersebut harus dipatuhi secara profesional selama kita masih berada didalamnya. Sangat tidak dianjurkan untuk memasukkan kepentingan pribadi maupun kelompok eksternal komunitas jika hal tersebut bertentangan dengan asas komunitas. Kepentingan pribadi seringkali menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkomunitas, sehingga hal - hal yang menganggu kenyamanan harus dieliminasi dari komunitas agar suasana tetap kondusif.

#navigasidanberaksi
#matrikulasibatch8
#institutibuprofesional
#belajardarirumah

Comments