Tantangan Kelas KIPMA [Day 5]

cre: https://images.app.goo.gl/CRhab9QZw2HFwmZP8


Memasuki tantangan kelas KIPMA ke-5 yaitu mendowngrade biaya kebutuhan makan pokok di masa pandemi covid-19. Pos pengeluaran makan kami yang hanya bertiga dijatah 1juta oleh suami.

Pekan pertama biasanya pengeluaran paling besar karena harus membeli bahan - bahan yang bisa digunakan sebulan seperti minyak goreng, beras, frozen food, garam, gula, kecap, saos dsb. Bahan - bahan tersebut biasanya menghabiskan sebesar 500ribu.

Adapun pengeluaran perpekan berikutnya tinggal membeli tambahan protein hewani, nabati, sayuran, buah dan susu. Biasanya menghabiskan sekitar 90.000 s/d 150.000. Untuk menyiasati agar pengeluaran tidak terlalu besar adalah dengan mengurangi porsi protein hewani ke nabati dan mengganti jenis protein hewani dengan jenis yang lebih terjangkau. Misal biasa masak ikan kakap atau layar diganti dengan ikan dencis ataupun nila. Begitu juga dengan buah. Kalau biasanya saya membeli komplit. Ada melon, jeruk, alpukat, pir, apel, strawberry maka saya ganti dengan buah pepaya, belimbing, pisang dsb.

Meskipun terlihat sepele dalam satu pekan saya bisa menghemat 70.000 s/d 100.000 perpekan. Belanja di pekan awalpun berusaha mencari diskonan, sehingga pengeluaran total bisa ditekan menjadi 600.000 s/d 700.000

Sisa uang belanja bisa ditabung untuk dana darurat. Bagaimana cara buibu menghemat pengeluaran saat ini?

#Tantanganharike5
#AturDuitMasaPandemi
#KIPMA
#INSTITUTIBUPROFESIONAL
#LawanCorona
#diamdirumah

Comments