Kendala - Kendala dalam Menulis

Sumber: Google


    Hari ini hari terakhir menulis target di KLIP selama bulan Januari. Selama 3 tahun belakangan selalu berpartisipasi di 30 hari bercerita tapi tidak pernah bisa mengikuti sampai akhir. Jangankan 30 hari menulis, untuk menulis 10 tulisan dalam satu bulan saja sulit memenuhinya. Tulisan ini akan menggenapi tulisan ke-10 sebagai syarat untuk bergabung di KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional). Tahun lalu juga mendaftar, tapi ternyata tidak mudah untuk konsisten menulis walaupun hanya 10 artikel dalam sebulan.

    Ada beberapa kendala yang saya hadapi tapi muaranya adalah pada manajemen waktu yang tidak baik. Skala prioritas yang tidak jelas. Ingin mengerjakan banyak hal, tapi akhirnya semua tidak bisa dilakukan dengan baik. Tahun ini memutuskan untuk mengerjakan beberapa hal, tapi ternyata tetap saja keteteran. Sepertinya memang harus mengurangi aktivitas. Adapun kendala yang dihadapi selain manajemen waktu dan skala prioritas antara lain:

1. Susah menemukan ide

Karena memang saat ini ingin fokus menulis di blog idealnya sih memang punya bank ide. Agar ketika menulis tinggal memikirkan kontennya. Pengalaman ketika tidak memiliki bank ide, pas mau nulis ya bingung mau nulis apa. Akhirnya merenung dulu, browsing sana – sini. Menulis dikejar deadline, akhirnya membuat nulis seadanya yang berimbas sama kualitas tulisan.

2. Miskin kosa kata

Semakin sibuk dengan pekerjaan, semakin jarang membaca buku dengan berbagai genre. Lebih banyak baca buku untuk persiapan mengajar dan membuat jurnal sehingga kosa kata yang dimilikipun terbatas. Kosa kata yang terbatas tentu saja membuat saya kesulitan untuk menerjemahkan apa yang saya pikirkan ke dalam sebuah bentuk tulisan. Sepertinya memang harus mengagendakan membaca satu artikel diluar kompetensi minimal satu artikel sehari.

3. Bingung untuk mengorganisasikan tulisan

Terbiasa menulis dekat deadline membuat saya tidak sempat membuat outline tulisan sehingga alurnya menjadi berantakan. Seringkali ketika saya membaca ulang tulisan saya, saya sendiri bingung sebenarnya pesan apa yang ingin saya sampaikan melalui tulisan saya tersebut. Haha!

Bagaimana menurut anda? Apa kendala yang anda hadapi ketika menulis?



Comments